Sahabat Rumah Safa, pasti ada yang bingung tentang berapa dana yang harus disiapkan untuk persyaratan dan administrasi pernikahan. Banyak yang bilang murah bahkan gratis, tapi ada yang bilang biaya administrasi pernikahan mahal. Jadi mana yang benar ya?

 

Sahabat, daripada hanya mendengar desas -desus mengenai biaya administrasi pernikahan, ada baiknya kita cek peraturan pemerintah tentang hal tersebut. Saat ini telah ada Peraturan Pemerintah baru yaitu PP No 48 Tahun 2014 yang mengganti PP Nomor 47 tahun 2004 tentang Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Dalam peraturan yang baru ini diatur ketentuan sebagai berikut :

  1. Bila proses nikah dilakukan di kantor KUA pada jam kerja kantor maka biayanya yaitu Rp0 alias gratis.
  2. Namun bila proses nikah dilakukan di luar kantor KUA atau di KUA tapi di luar jam kerja maka dikenakan biaya administratif sebesar Rp600.000,-.

 

Selain biaya di atas ada biaya lain yang akan dikenakan pada sahabat calon pengantin yaitu:

  1. Biaya catatan nikah di KUA sebesar Rp 30.000
  2. Sumbangan sukarela berupa lembar-lembar PMI atau Baznas, sumbangan ini bersifat resmi dari Lembaga terkait, tapi sifatnya sukarela sahabat, jadi kembali pada sahabat jika ingin memberikan sumbangan.

 

Sahabat sekarang sudah dapat membayangkan berapa biaya resmi yang harus dipersiapkan untuk pernikahan. Jadi jangan bingung lagi ya,

Share